Langsung ke konten utama

RPP SKI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Kelas / Semester : XII / Ganjil Mata pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Standar kompetensi (1) : Memahami keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat Kompetensi Dasar ( 1.1 ) : Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah dan Madinah Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 4 x 45 menit ) Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu : Menjelasakan ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Mekah Menjelaskan ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah Mendiskusikan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah Mendiskusikan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah Mempresentasikan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Mekah Mempresentasikan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah Materi Ajar : Sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah Metode : Ceramah Tanya Jawab Diskusi kelompok Inkuiri Pengamatan Langkah-langkah pembelajaran : 1. Pertemuan Pertama Kegiatan Awal : Memberikan salam pembuka Memotivasi siswa untuk mempelajari pengetahuan Sejarah Kebudayaan Islam Kegiatan Inti : Tanya jawab awal tentang ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Mekah Memberikan ilustrasi sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekkah Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Mekkah Kegiatan Akhir Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekkah dan Madinah Mempersilakan siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekkah dan madinah di rumah Memberikan salam penutup 2. Pertemuan Kedua Kegiatan Awal : Memberikan salam pembuka Memotivasi siswa dan apresepsi - Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah hal-hal yang dilakukan Rosulullah dalam dakwah di Madinah ? Kegiatan Inti : Melalui diskusi, guru memberikan informasi tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah Melalui diskusi kelompok, siswa diberi tugas mencari ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah Melalui diskusi kelompok, siswa diberi tugas mencari pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah Guru menunjuk setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah dan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah Kegiatan Akhir Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah Guru memberikan tugas rumah siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah Memberikan salam penutup Sarana & Sumber Belajar : Ensiklopedia Islam Internet dan Intranet Buku paket SKI yang relevan LKS SKI Laptop Dll Penilaian Hasil Belajar : Ulangan harian : Tes Lisan SAROLANGUN, JULI 2011 Guru Mapel SKI SASRITO, S.Ag, M.PdI NIP. 19741117 199903 1 003

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NOMOR REGISTRASI GURU (NRG) KEMENAG SAROLANGUN

Lampiran Surat Direktur Pendidikan Madrasah Nomor : DT.I.I/PP.00/587/2010 Satuan Administrasi Pangkal Kab./Kota 1 07 198 1 120950 A. LAWI,S.AG 25364 '131711437 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) MTsS NURUN NAJAH Batang Hari 2 07 198 1 120951 A.KADIR,M.PD 25057 '150278472 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) MAN MUARA BULIAN Batang Hari 3 07 198 1 120952 AHMAD SHOLAHUDDIN, M 27599 '150284175 Matematika MAS TERUSAN Batang Hari 4 07 198 1 120953 Ashana Harahap, S.Pd Simaorkis, 01-11-1980 150 380 304 Bahasa Inggris MAN Muara Bulian Batang Hari 5 07 198 1 120954 ASNIMAR, S.PD 25795 '150261118 Bahasa Inggris MTSN MUARA BULIAN Batang Hari 6 07 198 1 120955 ELFA YENI, DRA 25038 '150261679 Kimia MAS TERUSAN Batang Hari 7 07 198 1 120956 ELI SURYANI, S.Ag 25850 '150278152 Biologi MAN MUARA BULIAN Batang Hari 8 07 198 1 120957 Erismawati, S.Pd Sridadi, 21-09-1972 150 284 780 IPS MTsN. Sridadi Batang Hari 9 07 198 1 120958 ERNI, S.PD 26364 '150350188 Biologi MAN MU
PROGRAM TAHUNAN NAMA SEKOLAH : MADRASAH ALIYAH NEGERISAROLAANGUN MATAPELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS/SEMESTER : XI / I dan II TAHUN PELAJARAN : 2011/2012 NO STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR ALOKASI WAKTU KETERANGAN 1 2 Kemampuan mengidendfikasi, mengenal dan merekonstruksikan sejarah Pertumbuhan dan perkembangan peradaban Islam pada masa permulaan dan perkembangan Islam pada masa Nabi,Khulafaurrasyidin Kemampuan mengidendfikasi, mengenal dan merekonstruksikan dan menjelaskan sejarah Perkembangan Islam dan kejayaannya pada masa dinasti Umayyah dan dinasti Abbasiyyah serta sejarah kemunduran kerajaan Islam 1. Menganalisis Pertumbuhan dan perkembangan Islam pada masa permulaan. 2. Menganalisis Sejarah perkembangan Islam Pada masa Nabi dan khulafaurrasyidin 3. Menganalisis Perkembangan Islam dan kejayaannya pada masa DinastiUmayyah 1. Menganalisis Perkembangan Islam dan kejayaan peradabannya pada masa bani Abbasiyyah 2. Menganalisis pertumbuha